Monday, February 11, 2013

dampak positif manfaat mendengarkan musik

(dedi-smk.blogspot.com) Musik merupakan salah satu bagian dari kehidupan yang tak dapat kita tinggalkan. Dengan adanya musik kita bisa mengungkapkan curahan hati dan berkomunikasi dengan orang lain. Orang-orang biasanya mendengarkan musik hanya mereka hobi dan suka, namun mereka tak tahu bahwa sebenarnya ada manfaat dari mendengarkan musik yang baik bagi mereka. Mendengarkan musik ternyata banyak sekali manfaatnya, berikut ini adalah beberapa contoh manfaat yang dapat kita dapatkan dengan mendengarkan musik (jadi jangan hanya yang negatif saja) mendengarkan musik ternyata juga hal positif yang tentunya ada manfaatnya:


Meningkatkan semangat/mood
Banyak sekali manusia yang terserang dengan penyakit tidak mood atau dengan kata lain tidak semangat atau bisa juga disebut dengan malas. Jika anda merasa sedang bosan dan tidak semangat cobalah untuk mendengarkan musik yang anda suka. Ternyata musik dapat mempengaruhi otak dan tubuh kita sehingga jika anda mendengarkan lagu yang semangat maka anda juga akan semangat dan jika anda mendengarkan lagu sedih maka anda juga akan di bawa ke suasana sedih. Jika anda sedang tidak bersemangat cobalah dengarkan lagu semangat favorit anda supaya semangat anda kembali lagi.

Menghilangkan stres
Pekerjaan di kantor yang menumpuk ditambah lagi harus membayar biaya listrik, air dan bahan bakar belum lagi ditambah dengan memberi saku kepada anak sering kali dapat membuat orang tua menjadi stres. Jika anda merasa diri anda stres maka cobalah menenangkan diri anda dengan musik yang tentunya dapat menenangkan anda, ingatlah stres tidak akan merubah keadaan anda. Terus berusahalah dan dengarkan musik untuk menghilangkan stres.

Bekerja optimal
Bayangkan saja seseorang akan lebih bersemangat bekerja apabila diiringi dengan musik favoritnya, saya sendiri secara langsung melihat para pekerja bangunan yang meskipun siang-siang dan cuaca panas namun mereka tetap bersemangat untuk bekerja sembari diiringi dengan musik kesukaan mereka (biasanya mereka suka lagu dangdut). Namun jika anda mendengarkan musik yang tak sesuai justru akan menjadikan anda tidak fokus terhadap pekerjaan dan justru lebih fokus untuk mendengarkan musik tersebut, jadi pintar-pintarlah memilih musik yang cocok untuk anda.

Memberi ide
Ditengah sibuknya pekerjaan yang membuat kita stres ternyata tanpa disangka-sangka saat mendengarkan musik justru kita mendapat ide yang bersangkutan dengan perusahaan. Jika anda pernah mengalaminya tentu ini akan sangat menyenangkan. Mendengarkan musik santai dapat membuat otak kita juga santai dan mungkin saat inilah otak kita mulai cerdas dalam berfikir sehingga anda mendapatkan ide baru.

Menumbuhkan imajinasi
Imajinasi memang dimiliki oleh semua manusia, namun dengan mendengarkan musik terkadang akan membuat kita untuk berimajinasi lebih dalam lagi. Sebagai contoh jika anda mendengarkan musik mengenai cina maka tentu saja anda akan membayangkan seseorang yang anda cintai, pada saat inilah anda akan berimajinasi dan membayangkan sesuatu yang anda lakukan dengan orang yang anda cinta.

Demikian semoga bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment