Wednesday, June 19, 2013

Asas-asas penjualan (KWU)

Selamat pagi sobat, Assalamualaikum wr wb. Pada kesempatan pagi hari ini saya akan membaas mengenai asas-asas apa saja yang di gunakan dalam penjualan. Pembahasan mengenai asas-asas dalam penjualan biasanya di bahas saat anda berada di kelas 2 SMA maupun 2 SMK atau yang sederajat dalam mata pelajaran KWU (kewirausahaan). Untuk menjadi penjual yang baik dan tentunya berhasil mengetahui asas-asas dalam penjualan adalah penting supaya nanti dalam prakteknya saat menjual harus menggunakan taktik dan tidak asal-asalan saja menjual barang kepada pembeli. Menjual dengan cara yang benar dan berdasarkan pemikiran yang matang akan lebih banyak menghasilkan dari pada menjual dengan cara asal-asalan. Misalnya anda menjual suatu barang dengan harga yang terlalu tinggi maka barang dagangan anda tidak akan laku terjual, berbeda jika anda menjual dengan harga sedikit di bawah standar (namun masih memberi keuntungan) sudah tentu akan banyak pembeli yang membeli barang yang anda jual.

Asas-asas penjualan
Setidaknya dalam Modul KWU saya terdapat 3 pengetahuan dasar mengenai asas-asas penjualan, asas-asas tersebut antara lain:

1. pengertian akan diri sendiri
Sebelum anda mengenali calon pembeli anda, sebaiknya kenalilah diri anda sendiri. Jangan sampai anda sudah hafal betul dengan sifat para pelanggan anda namun pada kenyataannya diri anda sendiri malah anda tidak tau. Untuk mengetahui bagaimana diri anda yang sebenarnya berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang dapat anda ajukan ke diri anda sendiri dan harus di jawab dengan jujur

  • Tipe orang yang mudah bosan atau tidak?
  • Tipe orang yang mudah marah atau tidak?
  • Tipe orang yang ramah atau tidak?
  • Tipe orang yang senang melayani atau tidak?
  • Tipe orang yang menyukai bergaul atau tidak?
  • Tipe orang yang selalu bergembira atau tidak?

Hal-hal di atas adalah pening anda ketahui karena karakter dari masing-masing pembeli itu tidaklah sama, mungkin seorang pembeli mudah tersinggung sehingga anda harus lebih sopan terhadapnya. Atau mungkin seorang pembeli suka bergaul sehingga anda juga harus bersahabat dengannya. Hal-hal di atas sangat berkaitan dengan karakter dan perwatakan seorang penjual yang tidaklah sma dengan penjual yang lain.

2. Pengetahuan tentang barang yang akan di jual
Ketahui barang apa yang ingin anda jual, jangan sampai menjual barang dalam karung. Ketahui seluk beluknya jangan sampai anda menjual barang yang haram. Yang paling penting juallah barang yang di butuhkan oleh masyarakat sekitar, misalnya anda tinggal di pedesaan maka jangan menjual barang-barang yang mewah disana, seperti mobil. Usahakan untuk menyetarakan antara kemampuan daya beli masyarakat dengan arang yang akan anda jual.

3. Pengetahuan tentang calon pembeli ataupun pelanggan
Seperti yang saya katakan diatas anda juga harus mengetahui bagaimana karakter pembeli anda. Bagaimana karakaternya apakah dia seorang yang mudah tersinggung, apakah memiliki daya beli yang tinggi, atau apakah memiliki daya beli yang rendah? Jika anda tinggal di perkotaan mungkin menjual satu gelas es teh dengan harga 3 ribu itu bisa saja namun jika anda tinggal di pedesaan dan menjual es teh dengan harga 3 ribu mungkin tak akan ada yang mau membeli.

No comments:

Post a Comment