Tuesday, June 18, 2013

membuat akun google aman dengan verifikasi 2 langkah

Akhir-akhir ini memang sedang marak tindak kejahatan di dunia internet yang khususnya merupakan pencurian akun. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara agar akun anda lebih aman dari serangan hacker dengan verifikasi dua langkah. Sebelumnya apakah verifikasi dua langkah itu? Verifikasi dua langkah merupakan program dari fitur terbaru google yang fungsinya untuk mengamankan akun penggunanya.

Bagaimana cara kerja verifikasi 2 langkah dalam mengamankan akun saya?
Saat anda masuk ke akun google (blogger, youtube, gmail, maupun google plus) tentunya anda akan di minta untuk memasukkan username dan pasword bukan? Nah ketika anda sudah selesai mengisi username dan pasword maka google masih akan meminta kode verifikasi lagi yang di kirimkan melalui HP anda. Jika seumpama ada seorang hacker yang berhasil membobol username dan pasword akun google anda maka hacker tersebut msih belum bisa membuka akun anda dikarenakan masih membutuhkan verifikasi dari HP yang anda pegang.

Verifikasi 2 langkah ribet?
Ya memang ribet, karena seriap kali kita log in akan di minta kode verifikasi yang telah di kirimkan ke HP kita. Namun dengan cara inilah akun kita akan menjadi lebih aman. Agar verifikasi 2 langkah tidak terus-menerus meminta kode verifikasi kepada anda caranya cek lis kotak "percayai komputer ini" saat log in. Meskipun demikian jika anda menghapus riwayat jelajah seperti chace dan cookie maka google akan meminta verifikasi HP lagi.

Bagaimana cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah? Berikut ini adalah cara mengaktifkan verifikasi dua langkah:

Pertama pastikan bahwa anda sudah log in ke akun blogger anda.
Setelah anda log in klik di sini untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah selanjtnya klik disini 
Setelah itu akan nampak halaman baru seperti di bawah ini


Setelah sampai pada halaman seperti gambar di atas langkah selanjutnya adalah dengan klik setelan, kemudian anda akan di minta untuk log in kembali ke akun anda. Isi username dan sandi dengan benar kemudian anda akan di bawa ke halaman baru lagi yang tampilannya seperti di bawah ini.

Seperti gambar di atas masukkan nomor HP anda, kemudian google akan mengirimkan kode ke HP anda masukkan kode tersebut ke kolom di bawahnya lalu klik verifikasi. Pada halaman baru lagi akan muncul gambar seperti ini:
Klik "mulai penyiapan" seperti gambar di atas dan anda siap untuk proses selanjutnya. Pada halaman selanjutnya anda akan di bawa ke halaman dengan tampilan seperti di bawah ini:

Pada gambar di atas anda bebas untuk memilih sms atau panggilan suara. Saran saya sih pilih yang SMS karena setiap kali anda log in ke akun maka anda akan di kirimkan kode verifikasi melalui sms ke HP anda.
Setelah itu ikuti semua langkah-langkahnya, berhubung langkah-langkahnya sudah mudah dan saya kira anda sudah tau maka cukup disini aja yang bisa saya bantu. Sekian dan terimakasih telah membaca.





No comments:

Post a Comment