Wednesday, June 12, 2013

Cara membuat sitemap secara otomatis

Pada malam hari ini saya akan membuat postingan yang membahas bagimana cara membuat sitemap secara mudah, gratis dan tentunya sitemap tersebut akan secara otomatis terupdate setiap kali sobat mengupdate blog. Siemap merupakan peta bagi sebuah situs, sitemap sangat kita butuhkan terlebih jika kita hendak mendaftar ke google adsense. Sitemap juga akan lebih memudahkan para pengunjung blog anda untuk selalu  bisa menetahui apa saja artikel yang telah anda update dan memudahkan mereka mengetahui berada dimanakah artikel yang sedang mereka baca.

Sebenarnya cara membuat sitemap secara otomatis sangatlah mudah, pada awalnya saya keliling ke google dan mencari artikel di internet yang membahas mengenai bagaimana cara membuat sitemap secara gratis dan dan otomatis. Awal mencari di internet saya merasa kesulitan terlebih ada banyak sekali artikel yang saya coba ternyata gagal, namun saya terus mencoba dan akhirnya menemukan suatu situs yang membahas bagaimana cara membuat sitemap di blog anda.

Untuk bisa menampilkan sitemap di blog caranya hanya dengan anda membuat suatu layaknya postingan belaka. Anda bisa membuat suatu halaman untuk membuat sitemap, caranya silakan log in ke blogger kemudian klik laman dan pilih buat laman baru. Cara membuat sitemap untuk blogger:

Pertama silakan masuk ke akun blogger anda, kunjungi blogger.com dan log in
Setelah itu silakan pilih entri baru pada laman (halaman) atau bisa juga dengan membuat postingan
Pilih mode html yang letaknya disebelah compose
Copy kode dibawah ini kemudian paste disana

<script src="http://me-sitemap.googlecode.com/files/mysitemap.js" type="text/javascript">
</script>
<script src="http://dedi-smk.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9898&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>

Untuk yang berwarna merah silakan diganti dengan alamat blog anda. Nah sebelum dipublikasikan lihatlah previewnya terlebih dahulu. Jika sudah muncul sitemapnya berarti anda telah berhasil dan tinggal klik publish. Sekian semoga artikel ini membawa manfaat untuk anda yang membacanya, mohon maaf saya tak bisa memberi link credit kepada pembuat script karena saya menemukan script ini tersebar di internet dan saya tak tau situs mana yang membuat script ini untuk pertama kali.

No comments:

Post a Comment