Sunday, June 9, 2013

manfaat madu bagi kesehatan dan manusia

Madu merupakan salah satu minuman sekaligus obat yang dapat kita jumpai dengan mudah di Indonesia. Madu merupakan salah satu jenis minuman (atau makanan) yang memiliki manfaat sangat banyak. Selain dapat digunakan sebagai bahan untuk hidup sehat (obat-obatan) madu juga bisa digunakan sebagai bahan untuk kecantikan (kosmetik). Madu merupakan salah satu zat yang secara alami dapat kita peroleh. Berbeda dengan minuman lain yang telah diberi pengawet dan bahan kimia, madu sangat bebas dari bahan pengawet dan bahan kimia kecuali memang madu tersebut telah diberi suatu zat oleh manusia.

Selain dapat digunakan sebagai makanan (minuman) madu juga memiliki nutrisi alami yang sangat bermanfaat bagi manusia. Nah kali ini melalui artikel singkat ini kita akan membahas apa saja manfaat madu bagi manusia dan mengapa kita harus mengkomsumsi madu. Banyak orang yang tidak suka dengan madu, untuk itu madu bisa diolah dalam bentuk lain misalnya saja dijadikan selai roti dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat madu bagi kesehatan dan manusia:
1. Menyembuhkan penyakit mulut
Madu selain memiliki rasa yang enak dan manis juga bisa mengobati penyakit didalam mulut. Contohnya saja jika gusi anda membengkak (sakit) anda dapat menggunakan madu untuk mengobatinya. Cara menggunakannya mudah, anda tinggal mengoleskan madu ke bagian gusi yang bengkak dan diamkan selama beberapa menit hingga dianggap cukup.

2. Meningkatkan nafsu makan
Khususnya bagi seorang anak, makan memang suatu hal yang sangat sulit. Banyak para orang tua yang mengeluh karena nafsu makan anak mereka yang sangat buruk. Bahkan saking tidak bernafsunya makan, si anak tetap tidak akan makan jika tidak kita paksa. Cobalah untuk menggunakan madu guna meningkatkan nafsu makan anak anda. Cara menggunakannya tentu saja dengan membujuk sia anak agar mau meminum madu tersebut.

3. Dijadikan teh madu
Seperti judul artikel ini yakni manfaat madu bagi kesehatan dan manusia maka saya tidak hanya membahas manfaat madu untuk kesehatan saja. Selain dapa dijadikan minuman herbal madu juga bisa dibuat kreasi lain seperti teh madu. Selain dapat dijadikan ajang untuk bersantai dengan keluarga juga bisa digunakan untuk menghilangkan gatal yang berada di tenggorokan. Kehangatannya seakan membunuh semua kuman penyebab gatal yang ada di tenggorokan.

Sekian artikel ini, meskipun hanya sedikit yang bisa saya bagikan namun saya berharap agar hal ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Sekian dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment