Wednesday, June 12, 2013

pengertian modem cdma

Smartfren merupakan salah satu operator CDMA di Indonesia
CDMA merupakan singkatan dari Code Division Multiple Acces merupakan bentuk dari pemultipleksan dan sebuah metode akses bersama yang membagi kanal bukan berdasarkan atas waktu. CDMA mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang tersosialisasi dengan tiap kanal yang digunakan untuk pemultipleksan. Modem CDMA merupakan sebuah modem nirkabel yang bekerja dengan jaringan CDMA serta menggunakan teknologi CDMA. CDMA lebih mengacu pada salah satu dari sekian banyak protokol komunikasi nirkabel generasi kedua (2G) dan generasi ke tiga (3G). CDMA menggunakan frekuensi ultra tinggi yakni 800-1900Hz.

Perbedaan CDMA dengan GSM yang menggunakan TDMA, CDMA tidak menentukan frekuensi tertentu untuk masing-masing user melainkan semua user memperoleh frekuensi yang sama (frekuensi penuh). Kelebihan dan keuntungan tersendiri dari modem CDMA adalah sebagai berikut ini:

  1. Harga langganan paket perbulan relatif lebih murah
  2. Jalur koneksi data dan cellular dipisah sehingga koneksi untuk internet akan lebih stabil, begitu pula dengan koneksi celular juga akan lebih stabil karena tidak terganggu dengan koneksi data.
  3. Tidak membutuhkan pengelolaan frekuensi
  4. Dilengkapi dan memiliki proteksi dari kegiatan penyadapan
  5. Pada CDMA jaringan evdo tidak dapat digunakan untuk mengakses sms maupun telepon karena hanya bisa digunakan untuk mengakses internet, hasilnya koneksi akan lebih lancar dan cepat serta stabil.
  6. Koneksi cepat, contohnya saja modem smartfren rev B yang sudah mencapai kecepatan hingga 14,7 Mbps

Dibalik kelebihannya modem CDMA juga memiliki beberapa kekurangan yakni sebagai berikut ini:

  1. Jaringan CDMA khususnya di Indonesia masih belum luas, berbeda dengan GSM yang sudah mencapai pelosok negeri.
  2. Modem CDMA relatif lebih mahal terutama yang mendukung jaringan evdo rev B yang bisa tembus kecepatan hingga 14,7Mbps. Meskipun demikian beberapa modem CDMA relatif murah terutama yang sudah di lock oleh operator CDMA.
Modem yang telah di lock oleh operator yang mengeluarkan modem tersebut tidak akan bisa bila diganti dengan operator yang lain. Misal anda membeli modem smartfren seharga 199.000 (seratus sembilan puluh sembilan ribu rupiah) dan modem tersebut telah di lock oleh operator smartfren maka selamanya anda harus menggunakan operator smartfren untuk bisa menggunakan modemt tersebut. Jika misalnya anda menggunakan operator lain, contohnya saja anda memasang kartu flexi didalam modem tersebut maka modem tidak akan mau digunakan. Meskipun sebenarnya Flexi juga mengusung teknologi CDMA namun modem tidak akan mendeteksi adanya jaringan sebab telah di lock oleh operator terkait.

Beberapa operator yang mengusung teknologi CDMA antara lain:

  • Smart
  • Fren
  • Esia
  • Ceria
  • Flexi
  • Aha
  • Star-One

Smart dan fren akhir-akhir ini bergabung dan muncullah smartfren. Sebelum smart dan fren bergabung banyak orang yang lebih suka saat mereka belum bergabung. Rata-rata alasan mereka karena dulu koneksi internet saat menggunakan fren (tanpa smart) jauh lebih cepat ketimbang saat ini smart dan fren bergabung. Memang soal kecepatan rata-rata masih dipegang oleh GSM namun dari segi harga CDMA jauh lebih murah. Apa lagi jika anda menggunakan modem CDMA yang up to 14,7Mbps, GSM pun kalah. Namun seiring dengan naiknya kecepatan harga juga akan naik.

No comments:

Post a Comment