Tuesday, June 4, 2013

sejarah tentang facebook


Facebook, siapa sih yang belum mengenal situs jejaring sosial nomor 1 di dunia ini? Situs yang memiliki alamat di http://facebook.com ini merupakan situs layanan jejaring sosial yang pertama kali di di publikasikan pada tahun 2004 tepatnya buan februari. Facebook dimiliki oleh perusahaan raksasa Facebook, Inc. Pada tahun 2012 saja facebook sudah mampu memiliki member aktif sebanyak 1 miliar, kebayangkan sekarang penggunanya berapa di tahun 2013? Untuk bisa menikmati facebook anda harus mendaftar terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan situs ini. Di dalam facebook terdapat banyak sekali fitur yang sangat menarik, diantaranya anda dapat menjalin pertemanan, anda juga bisa mengirimkan pesan kepada teman, chatting dan akhir-akhir ini facebook telah mendukung layanan semacam video call.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersamaan dengan teman satu kamarnya dan bersama teman satu mahasiswa. pada awalnya facebook hanya digunakan untuk mahasiswa tempat Mark bersekolah saja namun seiring dengan perkembangan waktu akhirnya facebook memutuskan untuk go publik. Sebelum go publik facebook secara perlahan menawarkan diri kepada universitas lain dan ternyata banyak orang yang tertarik untuk menggunakan facebook hingga akhirnya facebook go publik.

Untuk bisa memiliki akun facebook anda diwajibkan untuk berusia minimal 13 tahun, meskipun demikian pada kenyataannya hal ini dilanggar oleh pengguna facebook. Banyak pengguna facebook yang berusia dibawah 13 tahun dan bahkan ada juga yang berusia di bawah 10 tahun.  Survei yang dilakukan oleh Consumer Reports pada bulan mei 2011 mengatakan bahwa setidaknya terdapat 13,5 juta anak di bawah umur 13 tahun menggunakan facebook dan terdapat 5 juta anak di bawah umur 10 tahun menggunakan facebook. Hal ini jelas-jelas melanggar peraturan yang diberikan oleh facebook.

Saat ini facebook telah menduduki sebagai situs jejaring sosial yang paling banyak di akses di dunia. Pada studi Compete.com mengatakan bahwa pada tahun 2009 saja facebook sudah mampu menempatkan diri sebagai situs dengan pengguna aktif (bulanan) paling banyak didunia. Tak hanya itu facebook juga sempat menggusur posisi google sebagai situs paling sering dikunjungi di dunia sebelum akhirnya google kembali menggusur facebook dan menempati posisi pertama situs paling sering dikunjungi di dunia.

Di Indonesia kini facebook dapat dengan mudah di akses, terlebih menggunakan HP/ponsel anda bisa menikmati layanan facebook dengan mengunjungi 0.facebook.com, sebagian operator sudah tidak mendukung layanan ini namun beberapa operator seperti Indosat dan telkomsel masih mendukung layanan ini. Mengingat pengguna facebook separuh lebihnya merupakan pengguna telepon genggam jadi bukan hal yang tak mungkin jika suatu saat nanti facebook akan terus memberikan layanan yang lebih baik khusus untuk para pengguna telepon genggam. Hal tersebut sepertinya sudah mulai diterapkan oleh facebook dengan munculnya berbagai aplikasi khusus telepon genggam yang dapat digunakan untuk membuka facebook jauh lebih mudah dan cepat.

No comments:

Post a Comment