Thursday, June 6, 2013

dampak positif dan negatif internet

Internet merupakan singkatan dari Interconnecting networking. Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan yang semakin diperlukan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan internet, diantaranya adalah berbelanja online, membuka facebook, berkomunikasi, mencari informasi dan masih banyak lagi yang bisa anda lakukan di internet. Di Indonesia kini internet bukanlah barang langka lagi, terbukti dengan meningkatnya harga penjualan modem. Bahkan saat ini di Indonesia kecepatan internet mencapai 14,7Mbps sudah bisa di nikmati oleh masyarakat, meskipun demikian harga koneksi internet yang mahal menjadi pemicu utama sulitnya kecepatan ini bisa di nikmati oleh masyarakat pada umumnya.

Pada awalnya Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh departemen pertahanan Amerika Serikat, pada saat itu di demonstrasikan bahwa dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat kita gunakan untuk berkomunikasi sejauh apapun melalui jaringan telepon. Melalui proyek yang diberi nama arpanet dirancanglah bentuk jaringan, kehandalan dan seberapa besar data yang dapat dikirimkan akhirnya itulah yang menjadi awal mula internet. Tujuan awal dibentuknya ARPANET adalah untuk urusan militer dan pertahanan Amerika Serikat.

Internet merupakan salah satu sarana bagi kita untuk bisa mengetahui apa saja yang sedang terjadi di dunia luar. Segala informasi yang ingin kita dapatkan bisa kita cari di internet. Sangat berartinya internet bagi dunia sampai-sampai saya nggak kebayang jika seandainya internet diseluruh dunia menghilang. Selain manfaatnya yang sangat besar ternyata internet juga memiliki dampak yang sangat buruk apabila tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Internet yang kita kenal sebagai sumber informasi akan justru menjerumuskan kita kalau kita tidak dapat mengelola dan memanfaatkannya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa dampak positif dan dampak negatif dari internet, atau bisa dikatakan dengan dampak internet.

Dampak positif internet

Memberikan informasi yang tepat, cepat dan benar kepada siapa saja yang menggunakannya. Informasi yang didapat masih bisa dikaji ulang untuk menentukan keakuratan informasi yang didapat dari internet.

Terdapat banyak sekali sumber referensi, jika anda tidak merasa yakin dengan salah satu artikel yang anda baca di internet anda masih bisa mencari sumber referensi lain. Jika anda ragu dengan suatu situs anda bisa menemukan situs lain yang serupa yang jumlahnya sangatlah banyak. Jangan khawatir lagi dengan informasi yang tidak akurat karena di internet terdapat banyak sekali sumber reverensi.

Dapat digunakan untuk berkomunikasi, Layaknya sebagai telepon genggam atau telepon rumah internet juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna internet yang lain. Tak cukup sampai disitu jika anda menggunakan telepon genggam maka anda hanya bisa mendengar suaranya saja (kecuali anda menggunakan video call) dengan internet anda bisa bertatap muka sekalian, selain itu harganya jauh lebih murah dari pada anda melakukan video call dengan telepon genggam berteknologi 3G.

Memperluas pandangan anda, dengan membuka berbagai situs di internet misalnya saja anda membuka situs news tentunya anda tidak akan lagi ketinggalan berita dan informasi yang sedang terjadi disekitar anda. Bayangkan jika uang tersebut anda gunakan untuk membeli koran bisa habis sekitar 5000 sedangkan untuk membeli paket internet hanya butuh 50.000 untuk satu bulan.

Memperoleh teman baru, dengan menggunakan berbagi situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter maka teman anda akan bertambah banyak. Dengan menggunakan situs tersebut anda bisa mengirimkan pesan kepada teman, chattingan kepada teman dan anda juga bisa berkomunikasi tatap muka dengan teman anda sesama pengguna facebook.

Dampak negatif internet antara lain

Merusak moral, penggunaan internet yang di salah gunakan seperti mengakses situs dewasa akan merusak moral diri dan bangsa. Internet seharusnya digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat bukan digunakan untuk kegiatan yang merusak moral seperti ini. Sungguh disayangkan bahkan menurut data yang ada pengguna Internet di Indonesia jauh lebih menyukai menggunakan internet untuk di salah gunakan seperti ini.

Menjadi sarana untuk contekan pelajar, Informasi yang sangat lengkap di internet mulai dari news bahkan sampai informasi mata pelajaran yang ada disekolahpun semuanya ada. Saat ulangan seorang pelajar bisa saja membuka internet dan menemukan jawaban dari soal yang sedang ia kerjakan, ditambah lagi sekarang adanya yahoo answer membuat mereka semakin leluasa menemukan informasi di internet.

Internet hanya untuk bermain, kata bermain disini masih dalam tanda kutip. Saking lengkapnya internet dari game, video, artikel, kata romantis, pantun, Mp3, dan masih banyak lagi semakin membuat para pengunjungnya menggunakan internet hanya untuk sarana bersenang-senang. Contohnya saja menggunakan internet hanya untuk bermain game online yang belum tentu akan manfaatnya, kemudian menggunakan internet hanya untuk facebookan dan pacaran saja dan masih banyak lagi.

Menggunakan internet untuk mencuri, kegiatan kejahatan seperti pencurian dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Bahkan di internet juga bisa digunakan untuk sarana pencurian. Seseorang yang ahli IT bisa saja menyalah gunakan keahliannya untuk mencuri data orang lain yang terhubung di internet. Bayangkan kalau yang dia curi merupakan ID dari sebuah rekening bank, bayangkan lagi kalau dia berhasil mencuri sebuah data pribadi lain yang lebih penting.

No comments:

Post a Comment