Sunday, January 6, 2013

5 hal yang dapat memperlambat kinerja komputer

(dedi-smk.blogspot.com) Laptop atau komputer merupakan barang elektronik yang saat ini bukanlah barang mewah lagi. Perkembangan laptop atau komputer sangatlah pesat disusul dengan perkembangan smartpone yang pesat pula. Di indonesia penggunaan laptop atau komputer biasanya digunkan para pelajar untuk membantu proses belajar mengajar, namun tak sedikit pula yang menyalahgunakan fungsi laptop di Indonesia, diantaranya digunakan untuk bermain game, facebookan, twitter-an, dan yang paling buruk digunakan untuk mengakses gambar tidak senonoh (baik gambar bergerak/video maupun gambar tak bergerak/foto).  Semua kembali kepada kita, jika yang memegang laptop adalah orang pintar yang ingin maju maka laptop akan sangat membantu, namun sebaliknya bila dipegang oleh orang yang tidak ingin maju justru laptop/komputer akan semakin menjerumuskannya ke jurang kegagalan yang semakin dalam. Baiklah inilah beberapa hal yang menyebabkan komputer atau laptop menjadi lambat saat merespon perintah dari pengguna/user (versi dedi-smk):

1. Banyak software ter-instal yang sebenarnya tidak penting
Banyak sekali software yang bertebaran di internet, jika komputer kita terkoneksi dengan koneksi internet kita akan cenderung untuk mendownload software maupun game yang menurut kita menarik. Banyaknya software ataupun game yang kita instal dapat membuat memori penuh, selain itu juga dapat memperlambat kinerja komputer. Untuk itu jika kamu sudah bosan dengan game atau software yang pernah kamu instal sebaiknya un-instal aja daripada menjadi sampah dan memperlambat kinerja komputer.

2. Banyak file diluar folder
Ini sering terjadi ketika kita copy file dari komputer teman menuju komputer kita, biasanya kita akan menaruh file hasil copy tersebut ke drive luar (diluar folder) hal ini akan sangat memperlambat komputer terutama saat kita mengakses drive yang dimaksud. Untuk mengurangi masalah ini sebaiknya file dikelompokkan berdasarkan jenisnya, sebagai contoh file video dikelompokkan dengan video, musik dikelompokkan dengan musik, dan seterusnya.

3. File duplikat
Lagu menjadi hal paling besar dalam urusan file duplikat, coba bayangkan dari beribu-ribu atau bahkan berjuta-juta lagu yang ada didunia apakah mungkin kita akan hafal dengan lagu tersebut sebagai contoh komputer kita menyimpan 10.000 lagu apakah kamu yakin diantara 10.000 lagu tersebut tidak ada lagu yang sama (duplikat)? pasti ada lagu yang berduplikat 2,3,4, bahkan lebih banyak lagi.

4. Key registry yang sudah tidak digunakan
Ini biasanya terjadi saat kamu uninsal suatu software, software yang kamu hapus ternyata masih meninggalkan key registry yng dapat mempengaruhi kinerja system. Untuk mengatasi hal ini kamu harus memiliki software ccleaner, selain mampu mengatasi key yang tidak digunakan software ini juga mampu membersihkan file sampah yang ada dalam komputer kamu.

5. Tema yang kamu gunkan
Tema merupakan kebutuhan penting bagi tampilan komputer, namun taukah kamu bahwa memasang tema yang terlalu banyak animation dan grafik tinggi justru akan memperlambat kinerja komputer? menggunakan tema dengan detail yang tinggi dan kualitas gambar yang bagus akan memakan banyak memori ram, sehingga yang seharusnya ram dapat digunakan untuk software lain yang penting justru dihabiskan oleh tema yang sedang kita gunakan.

Itulah beberapa hal yang dapat memperlambat kinerja komputer, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment