Thursday, January 10, 2013

5 negara paling padat didunia

(dedi-smk.blogspot.com) Negara merupakan suatu kumpulan manusia yang membentuk kelompok tertentu dibawah pemerintahan yang melindungi masyarakatnya. Di Indonesia jumlah penduduknya sudah mencapai kurang lebih 250 juta jiwa, sungguh angka yang bukan sedikit. Namun kita semua tau bahwa Indonesia merupakan negara yang besar, jadi wajar saja bila jumlah penduduknya bayak. Disamping itu ternyata ada juga negara kecil yang penduduknya juga bayak (meskipun tidak sebanyak Indonesia) namun hal itu mampu menjadikan negara tersebut padat dengan manusia sehingga disebut dengan negara paling padat didunia disebut paling padat karena jumlah penduduk yang banyak tidak diimbangi dengan luas daerah negara tersebut. Berikut adalah daftar negara tersebut dari dedi-smk untuk kamu:

Monaco
Saya yakin anda baru pertama kali mendengar nama negara ini karena jujur sayapun juga baru pertama kali mendengarnya. Monaco merupakan negara yang paling padat didunia, negara dengan luas hanya 485 hektar atau sekitar 1,96 km persegi ini memiliki penduduk dengan jumlah 32.410 jiwa. Heran ya kok ada negara sekecil ini? Bayangkan saja hanya 1,96 hektar ini lebih kecil dari 1 kelurahan.

Singapura
Nah untuk yang satu ini saya yakin kalian sudah tau, singapura merupakan negara Asia (kalau tidak salah) yang merupakan tetangga dari Malaysia dan Indonesia. Namun siapa sangka tetangga kita yang satu ini ternyata menduduki peringkat kedua negara terpadat didunia, bayangkan saja jumlah penduduk singapura mencapai 6.300 orang/km persegi. Jadi kita tidak perlu repot-repot cari teman saat sedang sendiri, cukup berjalan beberapa meter dan kita akan menemukan banyak orang.

Vatican City
Vatican adalah negara yang paling kecil didunia sedangkan urutan kedua diduduki oleh negara Monaco seperti yang saya sebutkan diatas. Jika negara Monaco mempunyai luas sekitar 485 hektar maka Vatican jauh lebih kecil dari negara tersebut yakni hanya berkisar antara 108,7 hektar. Sebenarnya jumlah penduduk dinegara ini sangatlah sedikit yakni hanya berkisar antara 821 jiwa namun yang membuat negara ini menjadi negara paling padat ketiga adalah luas wilayahnya yang tidak mencapai 1 desa di Indonesia.

Maladewa
Maladewa mempunyai luas sekitar 298 km persegi dan mempunyai jumlah penduduk (data 2006) sebanyak kurang lebih 298.842. Dengan jumlah penduduk dan luas negara yang sedemikian rupa namun menempatkan maladewa sebagai negara paling padat didunia urutan ke empat.

Bahrain
Merupakan negara yang terletak dibatas teluk persia dan sekaligus merupakan negara paling kecil dibangsa Arab. Bahrain dihuni oleh 987 jiwa setiap km perseginya.

Itulah lima negara dengan jumlah penduduk paling banyak didunia, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment