Friday, January 4, 2013

Manfaat hutan bagi lingkungan dan manusia

(dedi-smk.blogspot.com) Hutan seakan menjadi lenyap setelah masa modern akhir-akhir ini. Dahulu hutan menjadi sarana bagi umat manusia untuk mencari makan, namun sekarang kebalikannya saat ini hutan justru menjadi penghalang bagi masyarakat kota untuk membangun rumah dan bertempat tinggal. Banyak sekali penebangan yang dilakukan, ada yang karena alasan untuk membuka lahan pertanian baru dan ada juga yang beralasan untuk mencari nafkah dengan menjual kayu hasil tebangan. Penebangan hutan secara liar dan terus menerus pada akhirnya akan daat menimbulkan bahaya bagi lingkungan dan masyarakat, diantaranya saat hujan terbitlah banjir, saat kemarau terbitlah puting beliung, ada juga yang longsor, ada pemanasan global, dan yang paling penting O2 (oksigen) akan berkurang. Jika tidak ada oksigen lalu kita bagaimana? kita bernafas membutuhkan oksigen, sedangkan setiap hari kita membunuh penghasil oksigen. Manfaat hutan diantaranya (versi dedi-smk):

1. Sebagai bahan bangunan
Mungkin ini hanya digunakan untuk rumah zaman dulu aja kali ya, mengingat rumah zaman sekarang sudah menggunakan tembok dan besi semua sudah kecil penggunaan kayu pada rumah zaman kini. Namun dahulu hutan sngatlah besar andilnya dalam pembuatan rumah karena bahan utama untuk membuat rumah zaman dahulu adalah kayu.
2. Sebagai bahan transportasi
Dahulu membuat kereta menggunakan kayu, bukan seperti saat ini. Kereta saat ini sangatlah berbeda degan kereta zaman dahulu. Mungkin karena sifat kayu yang kurang kuat dan mudah lapuk sehingga penggunaan kayu pada alat transportasi seperti kereta, andong, dokar, dll mulai ditinggalkan.
3. Sumber penghasil makanan
Selain sebagai bahan bangunan hutan juga bermanfaat sebagai sumber untuk mencari makanan, mengingat kekayaan hutan yang dahulunya sangat melimpah masyarakat tidak perlu bercocok tanam mereka hanya tinggal petik dari hutan tersebut. Namun saat ini hutan yang masih kaya sangatlah sedikit sehingga jalan terakhir yang harus ditempuh untuk menikmati hasil bumi adalah dengan bercocok tanam atau disebut dengan bertani.
4. Sebagai sumber pendukung pendidikan
Yang satu ini sampai sekarang masih eksis, kalian coba perhatikan bahan apa yang digunakan untuk membuat kertas dan pensil yang setia hari kalian gunakan untuk keperluan sekolah? jawabannya adalah kayu, banyaknya manfaat dari hutan ternyata sampai pula pada kebutuhan akan pendidikan.
5. Sumber oksigen
Seperti yang telah saya katakan diatas bahwa pentingnya oksigen bagi manusia sangatlah fatal akibatnya apabila kita semua kekurangan oksigen, untuk itu menjaga dan memelihara agar hutan tempat kita dapat hidup sangatlah penting dan tak dapat kita tinggalkan kecuali kita ingin meninggalkan hidup ini.

Mungkin uku 5 saja untuk kali ini, lain kali jika sempat dan tidak malas akan saya tambahkan lagi...

No comments:

Post a Comment