Thursday, January 10, 2013

efek samping menggunakan headset musik

(dedi-smk.blogspot.com) Mendengarkan musik merupakan hal yang dapat membantu kita untuk sejenak melupakan masalah yang sedang kita alami, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendengarkan musik misalnya saat banyak orang anda bisa mendengarkan musik menggunakan headset supaya orang-orang tersebut tidak terganggu dengan suara gaduh dari musik yang anda dengarkan. Namun sayangnya ada beberapa hal yang dapat mengganggu alat pendengaran kita setelah menggunakan headset. Yang paling parah dari mendengarkan musik menggunakan headset adalah dapat menyebabkan kerusakan permanen pada telinga alias kamu tidak bisa mendengar lagi, nah sekarang saya tanya adakah yang ingin tidak bisa mendengar diantara kalian? Tentu saya yakin tidak ada yang mau, untuk itu mari kita perhatikan dampak buruk yang dapat diakibatkan oleh penggunaan headset yang terlalu berlebihan (saya bilang berlebihan karena jika digunakan secara aman alat ini juga tidak mengganggu pendengaran kita).

Kerusakan permanen pada alat pendengaran telinga
Ini dia yang paling ditakutkan, biasanya ini terjadi saat volume musik dikencangkan. Telinga yang tak mampu menahan suara yang terlalu keras (apalagi suara itu sumbernya langsung menempel pada telinga kita alias dekat banget) dapat mengalami kerusakan permanen yang sangatlah fatal untuk masa depan kita Biasanya hal ini terjadi pada anak remaja, karena seperti yang kita tau orang tua sudah tidak begitu tertarik dengan musik apalagi dengan headset.

Kerusakan pada otak
Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh headset dapat menyebabkan kerusakan pada otak. Para peneliti sudah meneliti hal ini pada otak tikus, namun hingga sekarang belum diketahui secara pasti apa dampak yang dapat ditimbulkan pada otak manusia.

Kehilangan pendengaran di usia dewasa ( 20 tahunan)
Selain dapat menimbulakan kerusakan pada otak penggunaan headset yang berlebihan ternyata juga dapat menyebabkan efek samping jangka panjang, menggunakan headset secara berlebihan dapat meningkatkan resiko tuli lebih tinggi terutama diusia dewasa sekitar usia 20 tahunan.

Mungkin itulah dampak yang akan kita peroleh jika kita mengunakan headset terlalu sering atau berlebihan, bahkan Allah Tuhan semesta alam juga tidak menyukai dan menyuruh kita untuk menjauhi hal-hal yang berlebihan.

No comments:

Post a Comment