Tuesday, December 18, 2012

Pengertian pemerintahan yang transparan dan tidak transparan

(dedi-smk.blogspot.com)  Masih melanjutkan artikel sebelumnya yang akan diuji kan besok, untuk itu saya lagi giat-giatnya bikin contekan belajar dengan cara merangkum pada blog ini. Apa yang dimaksud dengan pemerintahan yang transparan dan apa yang dimaksud dengan pemerintahan yang tidak transparan? Mari kita bahas dibawah ini:

  • Pemerintahan transparan, kata transparan sendiri artinya "terlihat" meskipun ditutupi jadi arti kata transparan disini adalah suatu pemerintahan yang dimana dalam menjalankan kebijakan, program dan systemnya dapat diakses informasinya dengan mudah oleh masyarakat. Dengan kata lain, suatu pemerintahan dikatakan transparan apabila dalam penyelenggaraan pemerintah terdapat kebebasan aliran informasi dalam berbagai proses kelembagaan Sebagai contoh yang menerapkan asas transparan ini adalah pemimpin DKI jakarta (jokowi) beliau sangat terbuka pada rakyat dan sangat rendah hati unuk menerima kritikan dari rakyat.
  • Pemerintah yang tidak transparan, pengertiannya kebalikan dari pemerintah yang transparan. Pemerintah yang tidak transparan berakibat pemerintah yang otoriter, korup, dan dictator. Karena semua kebijakannya hanya dia yang tau sehingga rakyat kurang bisa mengawasi jalannya pemerintahan.
Yap mungkin itu aja contekan artikel kali ini, semoga tidak bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment