Sunday, December 16, 2012

Pengertian arus listrik AC dan DC

inilah-cara.blogspot.com
(dedi-smk.blogspot.com) Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok yang keberadaannya sangatlah penting. Tanpa adanya listrik kehidupan bisa menjadi seperti saat jaman purba dulu, semuanya gelap dan tidak ada teknologi. Keberadaan listrik sebagai kebutuhan pokok mendorong perusahaan listrik terbesar di Indonesia (PLN) untuk terus mempebaiki pelayanan nya terhadap para konsumen. Listrik merupakan sumber energi yang penggunaannya sangatlah luas. Hampir seluruh sektor dalam negeri ini menggunakan listrik. Kebutuhan akan listrik yang sangat besar haruslah diimbangi dengan sumber daya yang dapat menghasilkan energi listrik. Asal-usul listrik pada awalnya bermula dari bagian yang sangat kecil dari suatu benda yang disebut molekul, seiring dengan perkembangan teknologi ternyata molekul masih dapat dibagi lagi yang disebut dengan atom. Setiap atom memiliki inti atom yang disebut dengan proton, sedangkan proton dikelilingi oleh benda yang lebih kecil lagi yang disebut dengan elektron. Pada proton terdapat kandungan arus listrik positif yang tetap (diam) sedangkan elektron mempunyai arus listrik yang berputar mengelilingi proton dengan kecepatan putar 300km/detik. Didalam listrik kita mengenal istilah kelistrikan, yang dimaksud dengan kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik.

1. LISTRIK AC
AC singkatan dari alternating curent adalah arus listrik bolak balik yang di Indonesia menggunakan frekuensi 50 Hz. Penggunaan listrik AC biasanya digunakan untuk menyalakan bohlam lampu, motor listrik AC, pompa air listrik AC, dan masih banyak lagi. Sumber listrik AC biasanya dari generator AC, inverter, listrik PLN, dan lain-lain.
2. ARUS LISTRIK DC
DC singkatan dari direct curent adalah arus listrik searah yang biasa terdapat pada batu baterai, acu, generator DC dan masih banyak lagi. Penggunaan arus listrik DC biasa digunakan untuk TV, radio, Komputer, pengeras suara, dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment