Saturday, May 11, 2013

cara bergaul yang baik agar banyak teman

berteman dengan cara yang benar~ Manusia merupakan makhluk sosialis dan hal itu adalah benar. Manusia tak mungkin dapat hidup dengan sendirinya kecuali dengan bantuan makhluk lain. Salah satu cara agar kita bisa memiliki banyak kenalan dan banyak teman adalah dengan cara mengetahui bagaimana cara bergaul atau bersosialisasi yang benar. apa saja yang dapat anda lakukan untuk bergaul dengan baik? Berikut ini adalah menurut saya bergaul yang baik adalah dengan cara seperti di bawah ini:

1. Tidak terlalu kaku dan pendiam
Ketika anda sedang berjalan dengan teman anda kemudian teman anda tersebut memiliki seorang tema yang kebetulan anda belum mengenalnya cobalah ikuti gayanya dan coba pula untuk berbicara dengannya. Keluarkan perkataan sesuai dengan teman baru anda, jika ia berbicara dengan bahasa yang halus cobalah untuk halus dengannya. Namun jika dia ternyata orangnya keras dan gaya bicaranya sok gaul, cobalah sedikit gaul di depannya agar dia merasa nyaman dengan anda.

2. Berfikir sebelum bicara
Suatu hari anda sedang membawa uang sebesar 200 ribu rupiah yang rencananya akan di gunakan untuk membayar biaya bulanan dis sekolah. Karena anda teledor akhirnya anda kehilangan uang tersebut, kemudian anda teringat bahwa saat uang anda hilang anda sedang bersama teman anda yang menurut anda orangnya nakal. Tanpa berfikir panjang anda langsung saja menuduhnya, ingatlah serang teman meskipun dia adalah orang jahat dan nakal dia tak akan merugikan anda apa lagi sampai mencuri uang anda. Lidah lebih tajam dari pedang.

3. Tidak menyakiti perasaan
Didalam suatu kelas di sekolah biasanya terdapat beberapa orang nakal dan beberapa orang pendiam. Orang-orang nakal ini sering kali mengejek dan mentertawakan si pendiam dan mengatakan mereka dengan kata-kata yang menyakitkan. Menurut orang nakal hal tersebut adalah biasa, namun ketahuilah bahwa bagi orang pendiam tadi mereka sangat sakit hati. Jika seandainya suatu saat nanti mereka di beri kesempatan untuk sukses belum tentu mereka mau menerima orang nakal tadi untuk menjadi pekerjanya meskipun dia tau bahwa orang nakal tadi dulu satu sekolahan dengannya.

4. Memiliki jiwa korsa
Apa itu jiwa korsa? Jiwa korsa menurut guru bahasa inggris saya adalah jiwa yang satu sama lain saling merasakan. Misalnya saat membolos sekolah jika salah satu teman tertangkap sedangkan yang lain berhasil lolos maka dengan senang hati kita juga ikut di hukum secara bersama-sama. Ibaratnya secara lebih mudah jiwa korsa dapat di artikan sebagai "saat senang bersama-sama dan saat sedih juga bersama-sama".

5. Memulai pembicaraan dengan orang baru
Ada suatu cerita, teman saya yang memiliki nama Tri Ageng menurut saya dia merupakan orang yang pandai bersosialisasi dan berteman. Ketika kami bersama-sama mengikuti MOS (masa orientasi siswa) tiba-tiba saja dengan orang yang tak di kenal dia mengulurkan tangannya dan mengajak kenalan orang tersebut. Bagaimana perasaan anda jika seumpama ada yang mengulurkan tangan dan mengajak anda untuk berkenalan? Apa yang akan anda lakukan? Jawabnya: Orang tadi benar saja menyambut tangan Tri Ageng dan mengatakan namanya, kemudian mereka berkenalan dan saat ini kami tau bahwa nama teman baru kami anda Wisnu. Begitu mudah mencari teman baru asalkan anda tak malu untuk mendahului pembicaraan.

Kesimpulan
Berteman merupakan salah satu aktifitas yang sangat penting dalam kehidupan ini, tanpa adanya seorang teman maka hari-hari akan terasa hampa dan tak bisa bersenang-senang seperti saat ini. Untuk berteman di perlukan pemilihan yang benar-benar selektif jangan sampai anda salah dalam memilih teman yang pada akhirnya akan menjerumuskan anda. Pilihlah teman yang baik, jika susah mencari teman yang baik carilah yang nakal namun pada hakikatnya baik.

No comments:

Post a Comment