Wednesday, May 22, 2013

cara membuat template menjadi super ringan dan cepat loading

Selamat siang semuanya pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana ara membuat template yang kita gunakan menjadi super ringan dan enteng saat loading. Sering kali kita menemui kendala saat menggunakan template yang loadingnya sangat lama, meskipun template yang kita gunakan sudah minimalis dan SEO friendly namun kenyataannya masih bisa loadingnya lama. hal ini di sebabkan karena loading suatu blog tidak hanya di tentukan oleh banyaknya widget yang di pasang saja namun juga di tentukan oleh banyak sedikitnya kode javascript dan css yang terdapat dalam template blog tersebut. Nah jika sobat mengakses blog ini apa yang sobat rasakan? Apakah sobat merasa akses blog ini memiliki respon yang cepat Seharusnya memang cepat karena memang saya buat agar loadingnya cepat. Berikut ini adalah cara menjadikan blog sobat menjadi ringan dan loading yang cepat seperti blog ini:

Langkah pertama adalah menggunakan template yang pemasangan sidebarnya berada di kanan atau bawah bidang konten (posting) seperti blog saya ini juga menggunakan sidebar yang berada di sebelah kanan posting.

Template yang saya gunakan memanglah bukan buatan saya pribadi namun setidaknya saya tidak asal-asalan dalam memilih template karena sudah berasal dari pertimbangan yang matang. Pertama pilihlah template yang sidebarnya berada di kanan dan bawah bidang posting, kalau belum taua apa yang di maksud sidebar adalah tempat yang biasanya kamu gunakan untuk menambahkan widget/gadget. Tujuan menempatkan sidebar di sebelah kanan adalah sesuai dengan urut-urutan loading halaman yakni Header-samping kiri-samping kanan-footer. Jadi jika samping kanan adalah sidebar maka sidebar baru akan di load setelah isi postingan sudah di load, hal ini akan membuat pengunjung tidak berlama-lama dalam menunggu loading karena meskipun sidebar belum di load namun mereka sudah bisa membaca artikel yang saya terbitkan. Selain itu sebaiknya memilih template yang memiliki warna latar putih sehingga saat bagian posting belum selesai di load teks dalam postingan sudah bisa di baca.


Langkah kedua adalah mengompres css
Apa sih sebenarnya kompres css itu? Kompres css dapat kita gunakan agar saat loading menjadi lebih cepat dan blog kita menjadi responsif. Bagaimana cara mengompres css? Silakan baca di postingan saya yang dulu, yakni di sini.
Langkah ketiga adalah menghapus widget yang tak penting
Semakin banyak widhget yang anda pasang akan semakin banyak konten yang terdapat dalam blog, saran saya hanya pasang widget yang penting seperti FP facebook dan artikel terkait. Widget tak penting seperti jam dan musik otomatis hanya akan membuat loading menjadi lama dan bisa-bisa di benci oleh pengunjung.

Langkah ke empat adalah menggunakan google code
Apa itu google code? Menurut definisi saya googlecode merupakan salah satu situs yang menyediakan bagi kita untuk menyimpan kode kita di sana, kode tersebut bisa meliputi javascript dan yang lainnya. cara ini memang sangat efektif dan terbukti membuat blog saya ini semakin responsif, untuk menggunakan googlecode sobat bisa membaca tutorial lengkapnya di sini.

Langkah kelima jangan terlalu banyak memasang PPC di blog
PPC atau Pay Per Click merupakan bisnis internet yang memang bisa menguntungkan kita, namun ketahuilah bahwa sebagian PPC justru hanya spam dan membuat blog kita menjadi besar. Contohnya saja PPC dengan bayaran kecil lebih baik jangan di pasang di blog, tetap fokus dengan PPC yang bayarannya besar. Selain itu PPC juga menggunakan kode javascript sehingga membuat loading semakin berat.

No comments:

Post a Comment