Wednesday, May 8, 2013

perbandingan android vs blackberry (kelebihan serta kelemahannya)

Android vs blackberry~ Berbicara mengenai android dan blackberry jadi keinget sama handphone kesayanganku yakni symbian, jangan salah ya meskipun sekarang symbian sudah mulai di tinggalkan karena kata orang "jadul" namun dulu symbian sempat  menguasai pasar handphone di dunia. Kali ini dalam artikel singkat ini saya akan membahas apa saja kelebihan serta kekurangan blackberry dan android dan bagaimana perbandingan android VS blackberry.

Smartphone
Smartphone merupakan satu kata yang sering kita dengar, sebenarnya apa sih pengertian dari smartphone itu sendiri? Smartphone di analogikakan sebegi ponsel cerdas yang bisa di gunakan untuk banyak hal termasuk mampu menggantikan peranan komputer. Smartphone paling tidak harus mampu di gunakan untuk memfoto, membuka file word (file komputer) dan pokoknya smartphone harus bisa di fungsikan sebagai pengganti komputer meskipun tak harus semua yang bisa di lakukan komputer bisa di lakukan oleh smartphone.

Android
Android merupakan smartphone yang sangat populer bahkan saat ini menjadi smartphone nomor satu di dunia. Dengan android anda dapat menginstal banyak game, banyak aplikasi kantor, anti-virus, pokoknya aplikasi-aplikasi yang sering anda jumpai di komputer bisa juga di instal di android namun menggunakan ekstensi yang berbeda yakni jika di komputer menggunakan .exe maka di android menggunakan ekstensi .apk. Dengan menggunakan ponsel cerdas seperti android bahkan dapat di gunakan sebagai alat mesin kasir dan bisa mendeteksi kode-kode yang ada dalam suatu produk. Android sendiri juga bisa di fungsikan sebagai layaknya blackberry yakni dengan menggunakan whatsAPP. Apa itu whatsAPP? WhatsAPP Adalah suatu aplikasi yang didesain khusus untuk kepentingan chatting seperti bertukar pesan, foto atau bahkan video. (dalam blacberry di sebut bbm-an)

Blackberry
Blacberry lebih terkenal dengan fitur BBM-an nya, meskipun sebenarnya anda juga bisa menemukan fitur serupa di android namun banyak orang lebih menyukai BBM-an menggunakan blackberry karena alasan gaul dan modern. Tak seperti android yang menggunakan OS open source besutan google, blacberry masih menggunakan OS Java sebagai OS utamanya. Berbagai kekurangan Blackberry yakni game yang ditawarkan tidak terlalu berkualitas karena hanya terbatas sebagai game java saja, tak bisa di pasang aplikasi dengan fungsi seperti android karena memang dari hardware yang tidak mumpuni. Meskipun demikian namun kata orang-orang blackberry termasuk Smartphone yang dapat juga di fungaikan sebagai pengganti komputer.

Pilih mana Android atau blackberry?
Terserah anda mau pilih yang mana, jika anda ingin memiliki handphone hanya sekedar untuk hiburan dan berkomunikasi dengan orang lain maka Blackberry dengan fitur BBM-an lah yang tepat buat anda. Namun jika anda membutuhkan smartphone yang dapat di gunakan untuk banyak hal termasuk bermain game dengan kualitas tinggi anda bisa menggunakan android karena selain bisa di gunakan untuk bermain game dengan kualitas tinggi juga bisa di gunakan untuk membantu pekerjaan anda saat anda jauh dari komputer.

Pendapat saya
Jujur saja saya lebih menyukai android karena memang menurut saya lebih canggih dari blackberry, android bisa di gunakan untuk banyak hal termasuk mengelola blog sedangkan blackberry hanya bisa di gunakan untuk chatingan dan tak bisa di gunakan layaknya android.

Dari segi harga mahal mana?
Untuk saat ini harga blackberry sangat murah, bahkan teman saya membeli blackberry dengan harga 400rb rupiah (second) sedangkan untuk membeli HP android masih di atas 700rb rupiah untuk yang second. So keuangan anda juga menentukan pilihan anda.

Saran
Jika anda membutuhkan ponsel yang sangat awet meskipun sudah jatuh berkali-kali solusinya adalah membeli ponsel nokia yang jadul seperti punya saya. Sudah terbukti jatuh dari sepeda motor sampai baterai, kasing (penutupnya) nya pada pisah dari HP namun sampai sekarang masih selamat dan masih bisa untuk di gunakan.

No comments:

Post a Comment