Tuesday, March 5, 2013

bahaya dampak efek samping makan mie instan secara berlebihan

(dedi-smk.blogspot.com) Mi instan merupakan mi siap saji yang nikmat untuk disantap/ Banyak kelebihan mi instan, diantaranya adalah cara mensajikannya yang cepat, praktis serta tidak perlu repot-repot memikirkan bumbu karena semua sudah instan. Dibalik kelebihannya ternyata mi instan juga mengandung beberapa kekurangan yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Untuk itu bagi anda yang saat ini sering memakan mi instan setiap harinya sebaiknya mulai dari sekarang kurangilah kebiasaan tersebut. Mi instan termasuk salah satu makanan yang populer di Indonesia, ya seperti inilah Indonesia memang menyukai hasil dari pada proses. Apa saja bahaya yang akan kita dapatkan dari mengkonsumsi mi instan secara berlebihan, berikut ini adalah diantaranya:

Mengandung  MSG
Ayo semua pada masih ingat pelajaran SMP nggak? MSG atau monosodium glutamat merupakan bahan penyedap rasa yang lazim digunakan untuk menyedapkan makanan. Ternyata mi Instan yang kita makan juga mengandung MSG. Jadi nggak usah kagum mengapa rasa mi Instan jauh lebih enak dibandingkan masakan ibu kita, bedanya mi Instan menggunakan penyedap rasa dengan bahan kimia sedangkan ibu kita menggunakan bumbu dapur alami. Dari segi kesehatan jelas ibu kita menang, tapi dari segi rasa mi instan yang menang. Makan enak tapi nggak sehat, sama saja bohong.

Natrium yang tinggi
Mi instan ternyata mengandung natrium yang tinggi. Natrium ini sangatlah berpotensi bahaya bagi penderita maag. Kandungan natrium yang tinggi pada mi instan dapat menyebabkan penetralan pada lambung yang menyebabkan lambung akan mensekresi asam lebih banyak guna mencerna makan. Hal tersebut dapat mengakibatkan pengikisan dinding lambung. Selain berbahaya bagi penderita maag ternyata hal ini juga dapat membahayakan bagi penderita hipertensi karena akan meningkatkan tekanan darah.

Oke semua tergantung pada anda selaku konsumen, jika anda berharap sehat maka kurangilah makan mi instan dan mulai makan dengan makanan sehat berimbang karena sampai saat ini belum ada mi instan yang masuk dalam makanan sehat. Mi instan hanyalah makanan untuk memanjakan lidah saja namun tidak untuk tubuh. Haruskah kita sakit demi makan enak? Saya rasa itu tidaklah benar, banyak hal yang masih bisa kita makan seperti tahu, tempe dan gorengan yang tentunya semua itu dapat kita dapatkan dengan murah dan sehat untuk tubuh. Sekian dan terimakasih telah membaca.

No comments:

Post a Comment