Friday, March 29, 2013

cara bertelepon dan menerima telepon yang baik dan sopan

HP merupakan sarana telepon
Cara menerima telepon dan menelepon yang baik serta sopan~ Bertelepon merupakan salah satu cara bagi manusia untuk berkomunikasi dengan manusia yang lain dibelahan bumi manapun dengan syarat masih tersambung dengan jaringan telepon dan memiliki alat untuk mengakses telepon serta bisa mengoperasikannya. Bertelepon membutuhkan etiket atau etika, apakah etiket itu? Etiket merupakan tata krama, tata pergaulan, sopan-santun dalam bertelepon. Bertelepon membutuhkan etika dan tatacara yang benar agar dapat tercipta suasana yang santai serta tidak tegang, terlebih jika anda berbicara dengan bos anda di telepon maka anda harus ekstra hati-hati dalam mengeluarkan perkataan dan harus memperhatikan etika dalam bertelepon. Berbicara mengenai telepon tentunya anda menginginkan mampu berbicara di telepon dengan baik dan tak menyinggung perasaan orang lain, apa saja yang perlu dilakukan untuk menjadi orang yang mampu tampil baik dalam menerima dan menelepon seseorang? Berikut ini adalah beberapa contoh hal yang dapat anda lakukan:

Menerima telepon
Bila anda mendengar suara telepon baik itu melalui HP maupun telepon rumah maka segeralah angkat dan jangan biarkan si penelpon menunggu lama.
Awali pembicaraan dengan "halo" kemudian sambung dengan salam seperti "Assalamualaikum"
Tanyakan identitas penelpon dan apa tujuan dia menelpon anda
Setelah anda selesai berbicara dengan orang tersebut maka tutuplah telepon dengan salam pula seperti "wassalamualikum"

Menelpon
Menyiapakan nomor yang ingin anda hubungi
Masukkan nomor kedalam perangkat telepon, dan panggil nomor telepon tersebut.
Setelah terdengar suara "tut" hingga beberapa kali tunggulah beberapa saat.
Ketika orang yang anda telepon mengucapkan salam segera jawab salam tersebut.
Jelaskan identitas anda dan apa tujuan anda menelepon
Jika pembicaraan telah usai segera ucapkan salam dan tutup telepon dengan sopan

Demikianlah semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya. Sebenarnya saya menyadari mungkin tak akan ada yang mencari artikel ini karena memang semua orang sudah tau cara menelpon dan menerima telepon karena semuanya punya HP. Tak hanya sekedar HP bahkan sudah banyak orang yang memiliki komputer maupun laptop. Namun tak ada salahnya juga saya pos ini semoga bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

No comments:

Post a Comment