Wednesday, March 20, 2013

jenis-jenis budaya politik - tipe-tipe budaya politik (PKN)

tipe dan jenis budaya politik- Budaya politik seharusnya mampu membentuk suatu aspirasi, preferensi, obsesi, dan prioritas tertentu guna menghadapi perubahan yang disebabkan oleh berubahnya politik. budaya politik sendiri setidaknya ada 3 jenis, yakni:

bendera indonesia
Jenis budaya politk:

1. Budaya politik partisipan
merupakan budaya politik yang dimana masyarakatnya memiliki kesadaran yang sangat tinggi mengenai budaya politik karena di imbangi dengan tingkat pendidikan yang tinggi pula. hal ini merupakan suatu impian bagi setiap negara yang memiliki sistem pemerintahan berbentuk demokrasi seperti Indonesia.

2. Budaya politik kawula
Budaya politik kawula juga kerap dipanggil dengan budaya politik subjek, budaya politik kawula adalah apa bila rakyat sudah relatif maju baik dalam hal ekonomi maupun sosial namun sayangnya masih pasif dalam urusan politik.

3. Budaya politik parochial
Ini merupakan kebalikan dari budaya politik partisipan. Budaya politik parochial merupakan budaya politik yang dimana masyarakatnya memiliki tingkat kesadaran politik yang sangat rendah karena diimbangi dengan tingkat pendidikan yang rendah pula. hal ini merupakan salah satu yang ditakuti oleh negara demokrasi karena akan menghasilkan pemimpin yang kotor dan tidak bijak.

Dari 3 budaya politik diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Indonesia sedang berada dalam budaya politik tahap kawula. mengingat sudah semakin banyak masyarakat yang mengenyam pendidikan yang tinggi dan semakin sedikit masyarakat yang tak sekolah maka saya yakin suatu saat nanti Indonesia akan mampu berubah menjadi budaya politik partisipan yang mampu menghasilkan pemimpin yang jujur dan bijak serta mampu membangun bangsa ini.

No comments:

Post a Comment