Sunday, March 17, 2013

memasak mie bersamaan dengan bumbunya berbahaya?

memasak mie instan dengan bumbunya berbahaya?- Mie instan merupakan makanan yang banyak orang menyukainya rerasuk saya. Bagaimana tidak, cara memasak dan rasanyapun sungguh enak, anda tak perlu menjadi koki yang handal untuk dapat membuat mie instan dengan rasa yang enak. Namun akhir-akhir ini ada kabar buruk mengenai mie instan, kabar itu mengatakan bahwa memasak mie instan bersamaan dengan bumbunya dapat menimbulkan kanker. kabar tersebut didasari dengan teori bahwa dalam bumbu mie instan terdapat MSG, dan MSG jika dipanaskan mencapai suhu 120 derajat celcius dapat berubah menjadi karsinogen, karsinogen inilah yang dapat menimbulkan penyakit kanker. Saya pun menjadi bingung, mari kita bahas.


Memasak mie dengan bumbu sampai suhu 120 derajat celcius berbahaya?
Memang benar apa bila MSG dipanaskan hingga suhu mencapai 10 derajat celcius dapat berubah menjadi karsinogen, lalu saya memiliki pertanyaan bagaimana dengan MSG (micin) yang dipakai oleh ibu rumah tangga setiap harinya? Bukankah mereka selalu memasak sayur menggunakan MSG? Apakah mereka juga akan terkena kanker? Sebenarnya saya bingung, ditambah lagi dengan fakta bahwa TITIK DIDIH AIR ADALAH 100 DERAJAT CELCIUS Jadi mana mungkin bumbu mie instan yang mengandung MSG dapat berubah menjadi karsinogen yang berpotensi menimbulkan kanker sedangkan kita tidak pernah memasak mie instan diatas suhu 100 derajat celcius. Saya jelaskan sedikit mengenai titik didih air, ternyata air yang selama ini kita minum itu memiliki titik didih 100C. Itu berarti saat air sudah mencapai suhu 100C dia tidak akan bisa menambah suhu lagi karena panas yang diserap digunakan untuk mengubah wujud dari cair menjadi gas, kalau nggak percaya coba aja masak air satu gelas selama 2 jam pasti lama-kelamaan akan habis karena berubah menjadi gas yang berupa uap. Terus terang saya bingung, suhu 120C dapat dicapai jika kita memasak mie bukan dengan air, contohnya: bensin, solar atau yang lain. Jadi jika anda tau tentang hal ini tolong bantu saya untuk memecahkan kebingungan ini karena keluarga saya sering memasak mie beserta bumbunya, dan juga sering menggunakan MSG saat memasak sayur maupun nasi goreng. Terimakasih atas jawaban anda.

No comments:

Post a Comment