Thursday, March 28, 2013

cara menyembunyikan file / folder (hidden) windows 7

Menyembunyikan file atau folder memang terkadang kita perlukan apa lagi jika komputer yang kita gunakan merupakan komputer yang umum di gunakan oleh banyak orang. Biasanya file atau folder yang tersembunyi di sebabkan oleh ulah virus dan software pengganggu lainnya, namun taukah anda bahwa anda juga bisa menyembunyikan folder atau file  tersebut? Berikut ini adalah tutorial cara menyembunyikan folder (hidden folder) maupun file (hidden file) di komputer dengan OS windows 7 anda.

Pertama pilihlah berkas (file) atau folder yang ingin anda sembunyikan, sebagai contoh saya ingin menyembunyikan file di bawah ini dengan nama "dedi-smk.blogspot.com" seperti gambar di bawah ini. Klik kanan pada file tersebut kemudian pilih "propertie" seperti gambar di bawah:

Sampai disini apakah anda bingung? saya berharap agar anda bisa mengikuti tutorial ini dan tanpa ada kebingungan, jika memang bingung anda bisa bertanya di komentar. Langkah selanjutnya setelah anda klik propertie adalah mencentang "tersembunyi" atau jika komputer anda menggunakan bahasa inggris centang yang bagian "hidden" seperti gambar di bawah ini:

Kemudian klik OK dan seketika file tadi akan hilang karena tersembunyi. Nah lihatlah gambar di bawah ini yang menunjukkan bahwa gambar yang telah saya hidden tadi dengan nama "dedi-smk.blogspot.com" telah hilang.

Selesailah cara menyembunyikan folder, sekarang yang menjadi pertanyaan bagaimana cara mengembalikan folder yang telah kita sembunyikan tadi? percuma dong bisa menyembunyikan namun kita juga tidak bisa melihat file/folder kita sendiri? tenang aja anda bisa membaca tutorial bagaimana cara mengemablikan file/folder yang ke hidden dengan membaca artikel di link ini.

No comments:

Post a Comment