Sunday, March 17, 2013

cara pasang widget search / pencarian di blog

cara membuat kotak pencarian di blog~ Selamat sore sobat semua, pada hari yang tidak cerah karena sedang mendung dan gerimis ini ijinkanlah saya mengucapkan salam yang baik untuk anda. Assalamualikum, saya harap anda semua selalu berada dalam lindungan-Nya dan selalu berada dalam keadaan sehat dan dalam keadaan yang bahagia. Dalam artikel kali ini saya ingin membagikan suatu tutorial kepada anda tentang bagaimana cara memasang widget atau gadget search di blog. Widget search atau sering di panggil dengan kotak pencarian atau juga kotak penelusuran ini bermanfaat untuk para pengunjung blog yang sedang mencari suatu artikel dalam blog anda. Misal seorang pengunjung ingin mencari artikel mengenai cara mendaftar facebook maka pengunjung tersebut tak perlu mencari satu-persatu artikel anda melainkan hanya perlu menuliskannya di kotak pencarian yang telah anda sediakan. Nah bagaimana apakah anda tertarik untuk memasangnya? Jika anda tertarik silakan simak tutorial yang akan saya berikan di bawah ini.

Langkah pertama dan merupakan dasar adalah anda sudah harus log in ke blogger
Setelah anda log in tentunya anda akan di bawa ke halaman home bloger, coba scroll dan pilih tata letak seperti gambar di bawah ini:

Setelah masuk pada menu tata letak selanjutnya pilih lokasi widget search yang ingin anda pasang, misalkan saya akan memasangnya di sebelah kanan postingan maka saya memilih widget yang letaknya berada di sebelah kanan postingan. Jika anda sudah menentukan di mana lokasi yang ingin anda pasangi widget kotak pencarian silakan pilih tambahkan gadget seperti gambar di bawah ini.

Pada pop up yang muncul scroll ke bawah dan temukan menu "kotak penelusuran" seperti gambar di bawah ini kemudian klik menu tersebut.


Setelah anda klik "kotak penelusuran seperti gambar di atas silakan isi judul dengan terserah anda, contohnya saja isi dengan "Search" kemudian klik simpan dan lihat hasilnya di blog anda. Bagaimana mudah bukan? Sekian artikel kali ini semoga membawa manfaat dan berkah... hehe doakan saya semoga sukses membawa blog ini ya kawan...

No comments:

Post a Comment