Wednesday, March 27, 2013

cara menerima tamu yang baik dan sopan

Cara menerima tamu yang baik dan sopan~ Tamu merupakan hal yang baik jika kita bisa menerima tamu dengan baik tentu hal tersebut dapat membuat kita mendapatkan pahala yang baik pula. Ada banyak tamu yang sering datang ke rumah kita, mulai dari tamu yang datang dari jauh hingga tamu yang masih kita anggap sebagai keluarga.  Tak berpanjang lebar berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk menerima tamu dengan baik (versi dedi-smk):

Saat tamu mengetuk pintu
Saat tamu anda mengetuk pintu, segera bukakan pintu dan persilakan tamu untuk masuk dan suruh dia untuk duduk. Jangan sampai saat tamu sudah mengetuk pintu anda membiarkan dia diluar rumah karena akan membuat tamu berfikir bahwa kehadirannya tidak diharapkan.

Jika anda seorang wanita
Jika anda seorang wanita dan tak ada seorangpun dirumah alias sepi sebaiknya jika anda menerima tamu laki-laki hanya di teras saja (jangan suruh dia masuk rumah). Membiarkan tamu laki-laki masuk rumah saat sedang sepi akan dapat membahayakan anda dan dapat menimbulkan pembicaraan orang-orang.

Memakai pakaian yang sopan
Jika sebelumnya anda masih menggunakan pakaian yang kurang sopan dan auratnya masih terbuka maka usahakan untuk berganti dengan pakaian yang lebih sopan dan menutup aurat untuk menghargai tamu anda.

Memberi jamuan
Jangan lupa untuk memberikan tamu anda jamuan, anda bisa menyuguhkan minuman dan makanan kecil. Jika sudah agak lama tamu berada didalam rumah anda maka anda dapat menawarkan untuk makan. Perlu di ingat bahwa menjamu tamu tak haru dengan makanan yang mewah dan mahal, anda hanya peru menjamu tamu dengan semampunya saja misalnya jika anda hanya mampu memberikan air putih maka itupun sudah bagus.

Jangan mengusir tamu
Lama tidaknya bertamu itu ditentukan oleh tamu anda, jika terpaksanya anda harus mengusir tamu usahakan dengan kata-kata yang sopan dan tak menyakitkan hati, dan buatlah seolah-olah tamu anda tak merasa bahwa sebenarnya dia di usir.

Saat tamu pulang
Ketika tamu berpamitan dengan anda dan hendak pulang antarkan dia sampai depan rumah, dan ucapkan juga akan berhati-hati di jalan, katakan juga pada tamu suruh dia untuk mampir lagi lain waktu.

Demikianlah semoga bermanfaat bagi anda, jika ada salah kata saya sangatlah memohon maaf kepada yang membaca artikel ini.

No comments:

Post a Comment