Tuesday, March 26, 2013

mengapa smartfren sering eror / lelet?

Assalamuaailkum wr wb
Update gagal karena koneksi yang buruk
Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membagikan tutorial maupun artikel yang bermanfaat karena saya hanya akan membagikan suatu kisah yang saya alami secara benar dan nyata. Kisah ini bermula lima bulan yang lalu, hari itu kalau tidak salah seingat saya adalah hari sabtu. Hingga kini bulan maret 2013 maka bisa di katakan saya membeli modem smartfren dengan harga 299 ribu dan kecepatan mencapai 3.1 Mbps serta di lengkapi dengan bonus internetan bebas (unlimited) selama dua bulan dengan kecepatan penuh (3.1Mbps). Pada saat pembelian saya langsung membawa pulang modem tersebut dan menggunakannya untuk berinternetan di rumah dan hasilnya sangat lumayan bisa mencapai 2Mbps. Pada bulan pertama sekitar 2  hari smartfren mengalami gangguan dan akibatnya saya tak bisa menikmati internetan selama 2 hari tersebut, setelah saya konfirmasi ternyata sedang upgrade jaringan. Saya percaya dengan alasan smartfren tersebut dan merasa maklum, setelah 2 hari smartfren kembali norma kembali. Pada bulan ke 2 hal serupa terjadi lagi sekitar 3 hari lamanya, lagi-lagi alasannya adalah upgrade jaringan. Pada bulan ketika bonus internet saya telah habis sehingga saya harus membeli paket dari smartfren, saya memilih paket dengan harga 49 ribu perbulan dengan kecepatan 312Kbps menurut saya kecepatan seperti itu sudah lumayan karena hanya saya gunakan untuk browsing dan mengelola blog ini saja (saya jarang sekali download).  Setelah membeli paket dan ternyata memang sesuai perkiraan bahwa kecepatannya lumayan dan tidak lelet (menurut saya) pada suatu hari ternyata smartfren mengalami gangguan lagi selama 1 hari dan memberi alasan yang sama yakni upgrade jaringan. Bulan ke 4 saya memperpanjang paket 49 ribu dan lagi-lagi ada saja hari di mana smartfren mengalami gangguan, saya tak lagi menghubungi smartfren karena tau pasti jawabannya adalah upgrade jaringan. Nah yang paling parah adalah bulan ini, bulan ke 5 sudah 1 minggu (katakanlah 5 hari) ini koneksi smartfren hancur katanya sih sedang kena musibah gara-gara kabel optik penghubung di bawah laut putus. 1 minggu ini smartfren tak bisa di gunakan, saya katakan 1 minggu karena sebelumnya smartfren juga sudah sering eror jika di hitung mungkin malahan akan lebih dari 1 minggu.

Banyak kerugian yang saya alami di antaranya:
1. Uang yang telah saya keluarkan untuk membeli paket internet
 Secara teori saya rugi uang sebesar 49/30X7= Rp 11.000, meskipun demikian saya tidak terlalu memperhitungkan uang ini. Tak apalah hanya uang saja masih bisa di cari namun ada hal yang membuat saya merugi di atas materi, yakni:
2. Tidak bisa mengelola blog
Smartfren meskipun sedang terkena musibah jaringan namun masih bisa di gunakan untuk mengkases situs dalam negeri seperti kaskus.co.id namun hari gini siapa sih yang mau ngakses situs dalam negeri aja? Bahkan blog saya juga di hosting di luar negeri (blogger). Setiap harinya biasanya saya bisa membuat 3-5 artikel berhubung smartfren sedang bermasalah sehingga saya tak bisa membuat artikel sebagaimana mestinya, saya merugi katakanlah 4 artikel perhari  jadi 4X7= 28 artikel.

3. Tidak bisa mengerjakan tugas dari sekolah
Niat awal beli laptop sama modem ya karena tuntutan dari sekolah biar lebih mudah kalau ada tugas sama mempermudah dalam proses belajar.  Setelah punya modem ternyata sama aja saya tetap nggak bisa mengerjakan tugas dari sekolah karena koneksi internet yang busuk seperti ini. Sama aja saya punya modem namun juga harus pergi ke warnet, ini sangat merugikan saya.

Dari 3 kerugian yang saya alami di atas masih akan saya kembangkan lagi menjadi artikel yang sangat panjang.  Artikel ini akan saya buat panjang dengan tujuan google menganggap artikel ini memiliki mutu yang bagus sehingga duduk di peringkat pertama.

Alasan smatfren upgrade jaringan bisakah di terima dengan logika?
Saya mempunyai modem smartfren dan Ayah saya memiliki modem GSM dan dia menggunakan GSM three,  sekarang kita anggap aja smartfren yang memberi alasan upgrade jaringan itu memang benar apa adanya. Saya hanya bingung apakah pihak Three tidak pernah melakukan upgrade ke jaringannya? Karena selama ini saya belum pernah menemui three eror karena upgrade jaringan. Bisa di lihat dengan mata bahwa perubahan signal Three dari 3G menjadi 3,5G bahkan akhir-akhir ini menjadi 3,75G apakah namanya bukan upgrade jaringan? Dari perbaikan jaringan yang di lakukan three tersebut ternyata sama sekali tak mempengaruhi atau bahkan membuat three eror. Dari dulu sampai sekarang ayah saya tak pernah mengeluh karena three upgrade jaringan. Kok bisa ya kalau sartfren yang upgrade jaringan semua penggunanya jadi nggak bisa internetan sedangkan three meskipun upgrade jaringan sama sekali tak mengganggu kenyamanan pelanggannya. Yang saya bingungkan lagi emang berapa kali smartfren upgrade jaringan? Kok tiap bulan kaya gini terus? Bahkan sebelum memiliki modem smartfren teman saya juga mengatakan bahwa dari dulu smartfren sering eror.

Upgrade jaringan atau apa?
Saya anggap smartfren benar dan jujur bahwa mereka memang sedang upgrade jaringan, tapi apakah nggak ada cara yang bisa dilakukan supaya saat upgrade jaringan tidak mengganggu kenyamanan pelanggannya? Seperti halnya three, telkomsel, indonsat, axis, XL nggak pernah kan memberi alasan koneksi hancur karena upgrade jaringan? Mungkin jika pernah hanya satu atau dua kali aja, lah ini tiap bulan dan bulan ini samapi 1 minggu sendiri (karena kena jangkar kapal). Kalau emang terpakasanya nggak bisa dan memang harus menggangu kenyamanan pelangganya apakah nggak bisa memberi tau pelanggan dengan cara sms masal keseluruh pelanggan atau melalui situs resmi bahwa smartfren sedang mengalami masalah? Paling tidak memberi tau pelanggan supaya pelanggan lu ngga apada kabur ke operator lain.

Hanya situs dalam negeri yang bisa di akses saat smartfren mengalami gangguan
Ini menjadi wacana baru, saya heran banget kok bisa ya hanya situs luar negeri aja yang nggak bisa di akses? Emang kita berinternatan hanya untuk situs dalam negeri aja? Hari gini mana ada yang hanya mengakses situs dalam negeri aja? Mengingat situs populer semuanya berada di luar negeri seperti Google.com, ymail.com, gmail.com, youtube.com, google+, twitter.com, facebook.com, edmodo.com,  blogger.com, wordpress.com, wikipedia.com semuanya situs tersebut di hosting di luar negeri. Misalnya saja kita sedang browsing pasti menggunakan google kan? Nah google berada di luar negeri jadi kita ngak bisa browsing dong.  Terus misalnya anda sedang mencari artikel kebanyakan di muat di blog atau wikipedia kan? Blog bisa blogger dan wordpress dan semuanya di hosting di luar negeri, wikipediapun juga sama juga di hosting di luar negeri. Jadi menurut saya sama saja smartfren tidak bisa di gunakan untuk internetan karena seperti halnya kaskus yang merupakan situs dalam negeri namun juga tetap menggunakan berbagi source kode dari luar negeri seperti menggunakan google analystic, sehingga menyebabkan mengakses kaskus juga bisa lambat.

Rencana mau tetap di smartfren atau pindah ke operator lain?
Jika melihat smartfren yang seperti ini dan terus terang saya merasa jengkel besar kemungkinan saya akan pindah ke operator lain, tak hanya itu teman saya yang rencananya ingin membeli modem smartfren sepertinya juga akan mebgurungkan niatnya. Lebih baik lambat namun stabil dari pada koneksi lambat namun tidak menentu seperti ini. Jangankan untuk buka facebook dan twitter bahkan antivirus saya selalu menampilkan peringatan “Update failed”. Terakhir saya berharap agar smartfren tidak lagi seperti ini karena terus terang saja saya merasa sangat kecewa kok bisa-bisanya upgrade jaingan tiap bulan. Lama kelamaan bisa nih ada yang beli pulsa terus koneksi jadi lambat, saat di hubungin memberi alasan “mohon maaf ada pelanggan yang sedang membeli pulsa jadi koneksi anda terganggu”. Samartfren secara logika setelah upgrade jaringan berarti koneksi akan menjadi lebih cepat, kita tunggu aja stelah selesai upgrade apa yang terjadi apakah bertambah cepat atau sama saja atau bahkan tambah hancur?

Wassalamualaikum wr wb

No comments:

Post a Comment