Monday, March 11, 2013

Tips mencegah sakit pinggang

Sakit pinggang merupakan salah satu penyakit yang sangat umum seperti halnya sakit kepala. hampir semua orang saya rasa juga pernah merasakannya. Seperti halmnya sakit kepala sakit pinggang juga akan sembuh dengan senidirinya dalam beberapa jam atau beberapa hari, biasanya jika ingin lebih cepat sembuh maka bisa dengan cara meminum obat sakit pinggang. Sakit pinggang pada umumnya hanya berlangsung beberapa hari saja namun jika berlangsung sampai berbulan-bulan (lebih dari 3 bulan) maka di sebut dengan sakit pinggang kronis. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghindari sakit pinggang, saya yakin anda tak ingin sakit.

1. Pemanasan saat olah raga atau melakukan pekerjaan fisik
Apakah anda seorang pemain sepak bola atau seorang pelari? Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olah raga ya, selain dapat membuat tubuh anda siap untuk bekerja keras juga mampu menghindarkan anda dari sakit pinggang.

2. Tegak saat duduk
Guru saya pernah bercerita bahwa di Jepang sana para siswa selalu di ajarkan utntuk duduk dengan cara tegak, menurut guru saya penjelasannya seperti ini: Saat menerima pelajaran hal utama yang menentukan masuknya suatu ilmu adalah otak, otak itu membutuhkan oksigen yang cukup. Saat membungkuk oksigen akan lebih sedikit jadi otak kekurangan oksigen, akibatnya kinsentrasi terganggu dan tidak fokus. pa bila duduk tegak maka oksigen akan mudah masuk dan otak menjadi kecukupan oksigen sehingga ilmu bisa masuk dengan mudah. Ternyata berdiri tegak saat pelajaran membantu anda untuk lebih bisa memahami materi yang di ajatkan oleh guru, selain itu juga bisa menjauhkan anda dari yang namanya sakit pinggang.

3. Tidak merokok
Anda perokok? Hentikanlah mulaid ari sekarang karena selain dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, ipotensi dan gangguan kehamilan dan janin rokok juga dapat  menyebabkan aliran darah yang mengalir ke punggung menjadi terganggu akibatnya cakram tulang belakang mengalami degenerasi.

4. Tidur miring
Manfaat tidur miring untuk mencegah sakit pinggang adalah saat tidur dengan cara miring akan sangat berbeda sekali dengan tidur dengan cara terlentang. Saat tidur terlentang tekanan yang terjadi pada tulang belakang anda besar.

5. Jaga diet dan makan makanan sehat
Orang gemuk biasanya memiliki banyak sekali lemak, nah usahakan untuk anda supaya diet dan jangan terlalu gemuk karena banyak lemak, utamanya yang berada di sekitar pinggang.

kata kunci: agar pinggang tidak sakit

No comments:

Post a Comment