Sunday, April 14, 2013

cara mudah membuat link di blog / website

Apa itu link dan bagaimana cara membuatnya~ Nah dalam artikel yang sederhana ini saya akan membahas mengenai apa sih yang dimaksud dengan link dan bagaimana cara membuatnya. Untuk pengertian link sendiri saya juga bingung namun saya bisa memberikan contohnya untuk anda, ini adalah contoh dari link: "saya, dedi-smk, blogspot, google. yahoo" Apakah anda dapat klik teks disamping? Itulah yang dinamakan link, jadi pokoknya link merupakan sesuatu yang dapat di klik dan apabila di klik maka akan membawa kita ke alamat yang dituju di internet, kurang lebih menurut saya sih seperti itu. Nah sekarang yang menjadi pertanyaan bagaimana cara membuat link seperti tadi? Kali ini melalui artikel ini saya akan mencoba membahasnya untuk anda:

Banyak cara membuat link diantaranya yang paling mudah adalah melalui fitur yang disediakan oleh blogger sendiri, berikut ini adalah caranya:

Membuat link dengan bantuan blogger
Ketika anda ingin membuat artikel tentunya anda akan membutuhkan sebuah link yang fungsinya sebagai link download, link sumber, dan masih banyak lagi. Cara membuatnya adalah sebagai berikut pada halaman membuat artikel blok sebagian kata dari artikel yang anda ketik yang ingin anda jadikan link, kemudian klik "Link" yang terletak di bagian atas saat pada kolom pembuatan artikel seperti gambar dibawah ini:


Nah pada gambar diatas langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat link adalah blok kata yang ingin anda buat link kemudian klik "link seperti gambar diatas. Setelah itu anda akan diminta kemana link alamat yang dituju contohnya saja isi dengan http://dedi-smk.blogspot.com dan selesai anda berhasil membuat sebuah link.

Membuat link menggunakan kode html biasa
Jika diatas anda dapat membuat sebuah link dengan fitur yang telah disediakan oleh blogger maka kali ini saya akan memberi tau anda bagaimana cara membuat link tanpa menggunakan fitur blogger seperti diatas. Bagaimana caranya? Caranya adalah sebagai berikut ini:

Sama seperti diatas jika anda ingin membuat link dalam postingan masuk dulu ke bagian buat posting seperti diatas. Setelah itu di bagian atas dari kolomuntuk mebgetik pos ada kata seperti ini "compose|html" anda pilih yang html seperi gambar dibawah ini:
Nah jika anda sudah memilih opsi html seperti gambar diatas maka akan segera muncul kolom yang tampilannya berbeda dengan sebelumnya, di situlah tempat anda untuk membuat link secara html biasa. Nah bagaimana cara membuatnya? Caranya adalah dengan memasukkan kode:
<a href="http://alamat yang dituju/">kata yang ingin ditampilkan</a>

Mudah bukan? Jika anda masih bingung dan belum bisa membuat link seperti contoh diatas anda dapat menanyakannya melalui komentar dibawah. Namun bila tak kunjung ada balasan dari saya mohon dimaafkan karena dasar kesibukan dan saya juga mempunyai dunia nyata yang harus di urusi.

No comments:

Post a Comment