Sunday, April 21, 2013

Energi Listrik

diambil dari wikipedia Indonesia
Pengertian Energi listrik merupakan energi akhir yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan peralatan listrik yang meliputi Mesin cuci, kipas angin, TV, radio, laptop, komputer dan lain-lain. Segala peralatan yang menggunakan listrik tadi untuk selanjutnya disebut dengan beban listrik atau disebut dengan beban saja. Listrik merupakan salah satu energi yang kebutuhannya sangat fital, listrik digunakan untuk penerangan, hiburan dan bahkan sebagian orang menggunakan listrik untuk bekerja. Untuk bisa menghasilkan energi listrik dapat diperoleh dari energi gerak air, energi angin maupun dengan energi nuklir. Untuk bisa menghasilkan energi listrik dengan air biasanya akan menggunakan baling-baling yang dihubungkan ke air yang mengalir sehingga mampu memutar turbin dan akhirnya terciptalah energi listrik, energi listrik tersebut kemudian disalurkan kerumah-rumah warga yang membutuhkan energi listrik.

Listrik diciptakan dari suatu alat yang dinamakan pembangkit listrik. Pembangkit listrik merupakan bagian dari alat industri yang digunakan guna memproduksi dan menimbulkan (membangkitkan) tenaga listrik dari berbagai sumber tenaga menuju energi listrik yang diharapkan. Pada umumnya bagian utama dari suatu pembangkit listrik adalah generator, generator akan merubah energi gerak (energi putar) menjadi energi listrik. Energi putar tersebut biasanya diperoleh dari Angin, Air, batu bara, dan juga fosil. Akhir-akhir ini muncul pembangkit listrik terbarukan yang menggunakan energi panas matahari, namun sayang karena harganya yang masih relatif mahal hal ini belum bisa di nikmati oleh masyarakat luas.

Berbicara soal Energi listrik rasanya tidak lengkap jika kita tidak menyinggung mengenai hukum kekekalan energi. Dalam hukum kekekalan energi yang terkenal tersebut dikatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Energi hanya bisa berubah dari bentuk energi satu ke energi yang lain. Contohnya saja pada kipas angin terjadi perubahan energi dari energi listrik menjadi energi gerak (energi putar), begitupun sebaliknya pada generator terjadi perubahan energi dari energi putar (gerak) menjadi energi listrik. Jika kita menggunakan lampu sebagai media penerangan berarti kita telah merubah energi listrik menjadi energi cahaya, dan masih banyak lagi contoh penerapan pemanfaatan perubahan energi.

Energi listrik merupakan salah satu energi dari sekian banyak energi yang dapat dimanfaatkan oleh umat manusia. Akhir-akhir ini tentunya anda telah mendengar tentang berita bahwa bumi semakin menjadi panas atau kerap disebut dengan istilah Global Warming, global warming merupakan peningkatan suhu bumi secara global dan memicu bumi menjadi menghangat atau memanas. Salah satu penyebab pemanasan bumi adalah karena pembakaran bahan bakar fosil, pembakaran bahan bakar fosil biasanya digunakan untuk kendaraan bermotor(dengan bahan bakar minyak) dan pabrik-pabrik yang menggunakan diesel. Untuk mencegah global warming semakin parah akhir-akhir ini sudah mulai bermunculan mobil maupun kendaraan lain dengan bahan bakar ramah lingkungan, bisa kalian tebak apa bahan bakar yang digunakan? Ternyata mereka menggunakan energi listrik sebagai pengganti bahan bakar fosil. Memang energi listrik sangat bermanfaat bagi manusia, selain harganya yang murah ternyata juga sangat ramah terhadap lingkungan.

No comments:

Post a Comment