Sunday, April 21, 2013

jenis-jenis blog

Web log atau lebih dikenal dengan nama blog merupakan sebuah aplikasi web yang dibuat menyerupai tulisan-tulisan dalam posting layaknya sebuah halaman web pada umumnya. Blog dapat diakses oleh semua orang pengguna internet tanpa kecuali, meskipun ada sebagian blog pribadi yang tidak dapat diakses kecuali si pemilik blog itu sendiri. Blog pertama kali di populerkan oleh blogger.com (yang saat ini sedang saya gunakan), pada awalnya blogger.com di miliki oleh Pyra Labs namun sekarang blogger.com telah di akuisi oleh google pada akhir 2002 tahun lalu. Semenjak blogger dimiliki oleh google muncul banyak sekali aplikasi yang bersifat terbuka (open source) yang diperuntukan untuk para pengembang blog. Saat blogger dimiliki oleh google banyak sekali fitur yang bermunculan hingga akhirnya membuat blogger semakin baik dan unggul dibanding platform blog lain.

Fungsi dari sebuah blog sangatlah banyak, dengan memiliki sebuah blog anda bisa menggunakannya untuk menulis buku harian, berbagi pengalaman, membagikan ilmu dan anda juga bisa mendapatkan uang dari blog yang anda miliki. Blog seperti yang dibuat di blogger.com dapat dikelola oleh beberapa orang sekaligus, ini berarti anda bisa saling bekerja sama dengan teman anda untuk membuat sebuah blog dengan mutu dan trafik yang tinggi.

Saat ini fungsi dari sebuah blog bisa melebihi fungsi dari google itu sendiri, bayangkan jika tidak ada blog maka orang-orang akan sulit untuk mendapatkan informasi. Kalaupun masih ada situs yang membagikan informasi secara gratis (layaknya blog) namun hal tersebut tidak akan selengkap saat ini. Saat ini informasi yang ada di internet begitu lengkapnya berkat adanya blog gratis semacam blogger.com.

Jenis-jenis blog yang ada di internet seperti dilangsir dalam wikipedia diantaranya adalah sebagai berikut ini:
Blog Pribadi: Merupakan sebuah blog yang membahas mengenai masalah pribadi, blog jenis ini disebut pula dengan buku harian online. Blog pribadi biasanya berisi keluhan, kejadian yang dialami penulis, puisi, syair, gagasan dan lain sebagainya. Blog jenis ini akan sangat sulit sekali mendapaykan visitor yang banyak.

Blog kesehatan: yakni blog yang membahas mengenai kesehatan. Blog seperti ini biasanya dimiliki oleh seorang dokter dan berisi banyak sekali keluhan dari pasien dan juga berisi banyak pertanyaan seputar kesehatan yang diajukan oleh pasien kepada dokter. Selain itu blog kesehatan juga berisi mengenai artikel-artikel sehat dan bagaimana cara hidup sehat.

Blog media: Blog seperto jenis ini lebih banyak menuliskan berita (news) contoh blog seperti ini adalah merdeka.com dan kompas.com. Blog seperti ini akan sering sekali update setiap kali ada informasi hangat yang perlu untuk di tulis di blog. Bahkan blog seperti ini dalam 1 harinya bisa update hingga 20 artikel lebih.

Blog agama: Blog yang membahas seputar agama, contoh blog islam akan membahas seputar agama islam dan memberikan tausiah kepada para pengunjung. Jenis blog ini sangatlah dihormati terlebih bagi orang yang memiliki agama terkait.

Blog spam: Blog yang isi kontenya hanya menipu dan sama sekali tidak bermanfaat bagi para pembaca. Blog dibuat hanya untuk tujuan mencari trafik dan mendapatkan uang dari trafik tersebut. Biasanya blog jenis ini memiliki auto generate conten yang membuat pengunjung blog tertipu dan tidak mendapatkan apa-apa setelah mengunjungi blog seperti ini.

Blog virus: Blog yang menyebarkan virus, malware, advare dan program-program jahat lainnya. Blog jenis ini digunakan untuk merusak dan mencuri data para pengunjung. Oleh karena itu saat ini bagi anda para pengguna google chrome akan lebih aman dari blog jenis ini karena saat ini google chrome telah dirancang untuk bisa menghindari blog jenis ini.

Blog pendidikan: Blog yang berisi seputar pendidikan, sebagai contoh seorang guru yang mengajar IPA maka dia akan membuat blog yang berhubungan dengan IPA pula. Begitu pula sebaiknya jika seorang siswa menyukai mata pelajaran IPA maka dia juga akan membuat blog yang membahas seputar IPA.

Blog bertopik: Yaitu blog yang fokus pada topik tertentu. Misalnya blog yang memiliki alamat musik.com akan membahas seputar musik dan tidak akan keluar dari yang namanya musik.

1 comment:

  1. Belum tau apa itu domino 99 ?
    Yuk cari tau hanya di sini
    http://laskargamble.blogspot.com/2017/05/apa-itu-domino-99.html

    ReplyDelete